ADMINISTRASI

Visi Misi

Mujtabah Fatururrahman, S.Pd., M.M.
Ketua Jurusan Administrasi Bisnis

Visi

Menjadi jurusan yang profesional, bermutu, inovatif dengan orientasi
lulusan yang kompeten, berkarakter, mandiri, adaptasi di bidang bisnis dan teknologi dan siap kerja dalam bisnis lokal maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam menciptakan lulusan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, adaptif dan kreatif dalam menghadapi era 4.0.
  2. Menyelenggarakan riset terapan dan pengabdian masyarakat untuk mendorong riset integratif, kolaboratif dan multidisiplin dalam meningkatkan kualitas produk riset dan pengabdian masyarakat yang memiliki dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan sosial.
  3. Membangun relasi kerjasama dan kemitraan dengan Iduka dan Institusi Perguruan tinggi pada tingkat regional, nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan dan meningkatkan pengelolaan pendidikan yang bermutu melalui transformasi dan reformasi yang relevan dengan perkembangan global.

Sejarah

Politeknik LP3I Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang didirikan pada 19 September 2003 dengan Nomor SK 158DO2003. Politeknik LP3I Jakarta memilki orientasi yaitu penempatan kerja bagi lulusannya dengan konsep Kurikulum Link and Match yaitu penyusunan kurikulum bersama para pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) sehingga Output sesuai dengan Dudi. 

Politeknik LP3I Jakarta memiliki 4 program studi pada saat didirikan yaitu Administrasi Bisnis (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3), Manajemen Informatika (D3), dan Hubungan Masyarakat (D3). Kemudian pada tahun 2016 Politeknik LP3I Jakarta membuka Program Studi S1 Terapan atau D4 yaitu Program Studi Administrasi Bisnis Internasional dengan Nomor SK 217/KPT/I/2016.

Pada tahun 2021 sesuai SK Direktur bahwa Politeknik LP3I Jakarta membentuk tiga Jurusan yang memayungi setiap Program Studi, salah satunya adalah Jurusan Administrasi yang memayungi Program Studi Administrasi Bisnis Internasional (S1 Terapan) dan Administrasi Bisnis (D3).

Penyetaraan Jenjang Pendidikan Vokasi

Penyelenggaraan pendidikan vokasi selalu adaptif dengan kebutuhan industri, sehingga lulusannya menjadi spesialisasi di sektor tersebut. Selain itu, pendidikan vokasi juga berbasis kompetensi dan memiliki kerjasama dengan mitra industri dalam penyelenggaraannya.

Berdasarkan kualifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), jenjang pendidikan vokasi untuk Politeknik berada pada :

Jenjang Pendidikan

D4 – Pendidikan Sarjana Terapsn adalah jenjang pendidikan yang seringkali disamakan dengan program sarjana sehingga seringkali disebut sebagai sarjana terapan. Masa tempuhnya pun juga sama dengan Sarjana atau S1, yaitu 4 tahun. Perbedaannya, Diploma empat ini memiliki fokus pada ilmu terapan dan syarat kelulusan untuk menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah, dan kemudian mendapatkan ijazah.

Pada Politeknik LP3I Jakarta, Administrasi Bisnis Internasional merupakan Program Studi D4 yang ada pada jurusan ini.


Administrasi Bisnis Internasional dirancang dengan tujuan agar mahasiswa menguasai materi pencatatan, perhitungan, analisis dan pilihan investasi terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Export-Import secara , pemasaran, keuangan dan sistem perbankan internasional, perdagangan bursa efek dan komoditi, juga dilengkapi dengan kemampuan berbahasa Inggris secara aktif, memahami budaya bisnis serta ditunjang dengan penguasaan komputer melalui e-business.

  1. Mampu menyusun strategi perencanaan pengembangan bisnis

  2. Mampu melakukan studi kelayakan bisnis dasar

  3. Mampu melaksanakan analisis bisnis dari berbagai sudut pandang dan segala bidang/departeman mulai dari perencanaan sampai kepada evaluasi bisnis (business report)

  4. Mampu mengolah, menganalisis data dan menggunakan perangkat lunak untuk mengalisis detail bisnis baik perilaku konsumen, kondisi pasar, struktur organisasi, dan kebijakan perusahaan untuk mendapatkan solusi bisnis

  5. Mampu mengimplementasikan budgeting dan forecasting bisnis membuat proposal bisnis, dan piawai menggunakan Microsoft office dan media sosial

  6. Mampu menerapkan konsep marketing perdagangan (trade marketing) nasional maupun internasional

  7. Mampu mengantur/mengelola pemasaran dan penjualan internasional

  8. mampu mengaplikasikan konsep hukum perdagangan internasional

  9. Mampu mengaplikasikan konsep cross culture management

  10. Mampu mengimplementasikan manajemen pemasaran berbasis teknologi (digital marketing)

  11. Mampu melaksankan aktivitas marketing digital dan membangun digital store

  12. Mampu menerapkan service management dan membangun solid brand dalam rangka menjaga brand awareness.

  13. Mampu melakukan follow-up bisnis dan negosiasi bisnis dengan klien dan memahami rambu rambu etika bisnis.

  14. Mampu membangun dan menjalin relasi dengan existing klien

  15. Mampu menerapkan sistem customer relationship management (CRM) dalam kegiatan bisnis

  16. Mampu membuat dan mengisi dokumen ekspor dan impor serta penyelesaian perhitungan pajak dan pungutan pabean lainnya serta berbagai cara pembayaran transaksi perdagangan internasional

  17. Mampu menerapkan kegiatan manajemen logistik

  18. Mampu melakukan kegiatan global supply chain management

  19. Mampu menghitung perpajakan perusahaan (KUP, PPn, dan PPn BM)

  20. Mampu mengaplikasi manajemen portofolio dalam dunia bisnis

  21. Mampu menerapkan manajemen resiko dalam dunia bisnis

  22. Mampu melakukan kegiatan investasi dalam pasar modal atau bursa efek

  23. Mampu melakukan perdagangan komoditi berjangka dalam bursa efek

  24. Mampu berwirausaha secara mandiri baik secara konvensional maupun digital, mendeteksi peluang pasar

  25. Mampu mengimplementasikan konsep kepemimpinan dan supervisi secara umum kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya

  26. Mampu mengimplementasikan budgeting dan forecasting bisnis serta membuat proposal bisnis

  27. Mampu menggunakan aplikasi Microsoft office, internet dan media sosial

  28. Mampu berbahasa Inggris khususnya dalam komunikasi bisnis.
  1. Menjadi ahli strategi pengembangan bisnis (Business Development): Mampu menyusun strategi pengembangan bisnis dan mengembangkan unit bisnis yang ada di dalam perusahaan, baik perusahaan tingkat regional maupun internasional

  2. Menjadi ahli spesialis marketing perdagangan (Trade marketing specialist): Mampu menyusun project manajement, merencanakan dan menjalankan marketing perdagangan baik konvensional maupun digital baik perusahaan tingkat regional maupun perusahaan tingkat internasional. 

  3. Menjadi tenaga Ekspor Impor (Export Import): Mampu melakukan kegiatan ekspor impor dengan menyusun dan mengelola Administrasi ekspor impor serta penyelesaian perhitungan pajak dan pungutan pabean lainnya, menyusun dan mengelola sistem logistik maupun supply chain management dan mengelola administrasi logistik serta melakukan perhitungan dalam sistem logistik

  4. Menjadi tenaga ahli Bisnis Komoditi (Commodity Business): Mampu menganalisa dan menjalankan perdagangan dipasar modal dan perdagangan komiditi berjangka pada bursa-bursa efek disektor perusahaan komiditi ditingkat nasioal maupun internasional

  5. Menjadi Wirausahaan: Mampu melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan memiliki kemampuan entrepreneur dan manajerial, berpikir kreatif dan berinovasi, kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi dan memiliki network yang luas, berani ambil resiko serta tanggap terhadap perubahan kebutuhan dan keinginan pasar dan industri, dalam menghadapi tantangan global dengan berlandaskan nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab

D3 – Pendidikan D3 (Diploma Tiga) adalah jenjang pendidikan yang memiliki masa kuliah selama 6 semester atau 3 tahun.
Diploma tiga ini memiliki syarat kelulusan dengan menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah, dan kemudian mendapatkan ijazah.

Pada Politeknik LP3I Jakarta, Administrasi Bisnis merupakan Program Studi D3 yang ada pada jurusan ini.

Mahasiswa memiliki ketrampilan bidang keuangan, komputer, perdagangan internasional, dan manajemen.

Ditambah dengan penanaman jiwa entrepreneurship dibekali dengan teknik menjual secara professional dengan presentasi dan negosiasi, sales dan marketing management, membuat lulusan program ini diharapkan menjadi administrator bisnis yang ulung dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk tingkat middle management serta menjadi inovator pengembangan perusahaan, dan mampu berwirausaha.

Secara profesional dengan presentasi dan negosiasi serta sales dan marketing management, membuat lulusan program ini diharapkan dapat menjadi administrator bisnis yang ulung dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk tingkat middle management serta menjadi inovator pengembangan perusahaan.

  1. Mampu menyusun perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian sumber daya manusia sesuai dengan tujuan organisasi dan ketentuan Undang-undang ketenagakerjaan
  2. Mampu melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan baru sesuai dengan karakteristik tertentu sesuai dengan ketetapan dalam perencanaan SDM.
  3. Mampu merancang dan mengembangkan pelatihan karyawan dengan metode yang sistematis, terstruktur untuk mencapai penguasaan skill dan kemampuan, pengetahuan dan softskills pegawai atau anggota organisasi dalam perusahaan.
  4. Mampu mendorong karier dan kemampuan karyawan
  5. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari
  6. Mampu menyusun rencana pemasaran, mengelola pelaksanaan pemasaran, menganalisis kinerja produk, mengembangkan konsep promosi dengan cara menyebarkan informasi produk kepada pasar potensial, untuk mendapatkan kenaikan penjualan sehingga dapat menjaga kesetiaan pelangganMampu menggunakan Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, Social Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing
  7. Mampu melaksanakan pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas sehingga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.
  8. Mampu menggunakan Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, Social Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing dengan cara yang konsisten untuk menarik dan mendapatkan audience dengan tujuan akhir untuk menghasilkan keuntungan bagi sebuah bisnis
  9. Mampu melakukan perencanaan, pengelolaam, pengendalian dan pengawasan terhadap aliran  barang, dan informasi serta dumber daya alam lainnya
  10. Mampu melakukan pencatatan administrasi persediaan barang, mengelola pelaksanaan bongkar muat inventory
  11. Mampu mengatur penempatan barang berdasarkan kelompok di gudang, melakukan perhitungan harian atas fisik barang
  12. Mampu melakukan pendistribusian barang, menguasai manajemen entry data dan menguasai fitur advance excel dan metode managemen inventory.
  13. Mampu melakukan pengadaan barang secara efektif dan efisien
  14. Mampu membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran
  15. Mampu mengelola modal kas, mulai dari membuka rekening, menentukan setoran, mengerjakan kas, menangani pembayaran atas kewajiban dan menjadikan catatan transaksi kas
  16. Mampu menyusun informasi keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
  17. Mampu melakukan kerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan visi dan misi perusahaan
  18. Mampu melakukan pengarsipan dokumen transaksi guna menjaga ketertiban administrasi keuangan dan memudahkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan
  19. Mampu berwirausaha secara mandiri atau kolaborasi baik secara konvensional maupun digital
  20. Memiliki penguatan karakter sebagai calon wirausahan muda dan menguasai pengetahuan dasar tentang ilmu-ilmu manajerial  bagaimana mengelola suatu usaha dan mulai menyusun proposal untuk perencanaan bisnis
  21. Mampu mengembangkan pemikiran kreatif dan innovative untuk memulai suatu bisnis
  22. Mampu mengoperasikan bisnis yang sudah dikembangkan pada tahapan sebelumnya, di bawah bimbingan dan pengawasan langsung praktisi pada bidang yang diminati.
  23. Mampu berbahasa Inggris dalam komunikasi Bisnis



  1. Human Resources Administrator: Ahli Madya dalam menyusun perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian karyawan, melaksanakan rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan, mengatur kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, pemberhentian karyawan dalam suatu perusahaan secara administratif.
  2. Marketing Administrator: Ahli Madya dalam menangani surat masuk dan surat keluar, menangani dokumen penjualan, menangani penjualan tunai dan kredit, menangani promosi penjualan, menangani biaya operasional, dan membuat laporan.
  3. Production & Logistic Administrator: Ahli madya dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap aliran uang, barang, energi, dan informasi, dan sumberdaya lainnya agar berjalan efisien, mulai dari, proses pengolahan barang, kegiatan pengadaan, penyimpanan, penyediaan, pengangkutan, hingga pengemasan barang-barang atau bahan baku, menghitung ongkos logistik, dan sistem administrasi bisnis logistik.
  4. Finance Administrator: Ahli Madya dalam membuat perencanaan keuangan, menyusun informasi keuangan, mengelola modal kas, mengelola kredit dengan mengerjakan tagihan-tagihan, mengurus surat berharga dan bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan visi dan misi perusahaan
  5. Entrepreneur: Ahli madya dalam menciptakan pengusaha muda yang creative, innovative dan peka terhadap lingkungan bisnis dan lingkungan sosial, dan giat dalam berkarya menciptakan lapangan pekerjaan.



Our Latest Feed

Our Latest Post