PRAKTIK UAS ANTI BORING: MEMBUAT LIPUTAN BERITA ALA PRODI HUMAS

Penulis: Sri Nugrahani Ramadhani Kallyana

Depok, 17 Juli 2023 – Sejalan dengan spirit kampus vokasi, mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I Jakarta melakukan praktik UAS (Ujian Akhir Semester) yang cukup unik. Tidak tanggung-tanggung, mahasiswa diarahkan untuk membuat liputan berita ala televisi lengkap dengan reportase lapangan. Adapun praktik ini diarahkan oleh Crypto Hermawan, S.S., M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah jurnalistik.

“Kita melakukan project-based learning dengan praktik yang mirip di lapangan. Metode ini akan menambah wawasan tentang kondisi lapangan, sehingga trial and error yang kalian lakukan akan mendukung portofolio untuk ditawarkan pada perusahaan-perusahaan”, jelas Crypto dalam salah satu pertemuan di kelas.

Sejak bulan April 2023,  dosen mengarahkan para mahasiswa  untuk mengontak wartawan serta figur publik yang terkait. Dengan demikian, mahasiswa dapat mempelajari  mekanisme pelaksanaan liputan, baik wawancara (doorstop) maupun live on tape di lokasi kejadian.  Tidak ketinggalan, dosen juga melakukan seleksi terlebih dahulu untuk menentukan peran yang tepat bagi mahasiswa. Secara ringkas, peran mahasiswa dibagi menjadi produser, pembawa berita, camera person, dan reporter. 

Setelah pembagian posisi, para mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk mencari berita di wilayah Bogor, Depok, hingga Jakarta. Adapun jenis liputan yang dilakukan adalah berita terkini, berita santai, hingga wawancara dengan figur publik seperti Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) ataupun BAWASLU (Badan Pengawas Pemilihan Umum), juga figur publik lainnya.

Seorang mahasiswa melakukan praktik reportase lapangan

Usai praktik reportase lapangan, proses syuting dilanjutkan untuk pembawa berita. Pengambilan gambar dilakukan di studio podcast yang berada di Direktorat Politeknik LP3I Jakarta. Selayaknya berita sungguhan, 2 mahasiswa yang didapuk menjadi pembawa berita bergantian membawakan narasi yang ditampilkan melalui prompter. Adapun hasil akhir dari praktik ini adalah siaran berita berdurasi 30 menit yang berujung pada portofolio mahasiswa. 

Bagaimana? Praktik di atas sungguh mengasyikkan bukan? Nantikan proyek-proyek selanjutnya dari Prodi Humas, ya!