Definitif Merdeka Belajar Ala Mahasiswa Administrasi Bisnis Internasional Dan Manajemen Informatika Politeknik LP3I Jakarta

Jakarta, 28 Maret 2023 – Merdeka belajar, banyak yang mendefinisikan upaya pendekatan agar mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati, esensi kemerdekaan berpikir sejatinya harus didahului oleh Dosen dan kemudian secara bersamaan diikuti oleh mahasiswanya. Nuansa keseharian belajar di kelas perlahan-lahan mulai bergeser dengan pembelajaran luar kelas atau outing class.

Melihat dari skema belajar tersebut dan untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah terkait merdeka belajar, mahasiswa Administrasi Bisnis Internasional dan Manajemen Informatika Politeknik LP3I Jakarta dengan didampingi oleh Bpk. Karya Kaban, S.T., M.M. selaku dosen pengampu mata kuliah MSDM melakukan outing class sekaligus kunjungan Perusahaan (Company Visit) ke PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI). 

Berawal dari sebuah Divisi Angkutan perkotaan Jabotabek oleh induknya PTKA kemudian pada tahun 2008 berubah menjadi PT. KAI Commuter Jabotabek ( KCJ) hingga pada 2017 menjadi PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), sampai sekarang KCI memiliki SDM sebanyak 2510, dengan memiliki SDM sebanyak itu, KCI merupakan tempat yang worth it untuk dijadikan sharing pembelajaran MSDM.

Baca juga : Kontribusi Alumni Politeknik LP3I Jakarta Dalam Membangun Konsistensi Pendidikan Yang Relevan Terhadap Dunia Kerja/Industri

Dalam kegiatan tersebut manajemen KCI memaparkan mulai dari profil KCI, KCI Urban hingga strategi dalam menjalankan serta mengatur regulasi SDM. Bpk Ario selaku Vice President Human Capital PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga selaku pemberi materi menuturkan bahwa “manajemen adalah seni, seni dalam mengelola orang dengan segala dinamikanya mulai dari inputnya, prosesnya, hingga bahkan outputnya”.

“ini sesungguhnya metode pembelajaran yang menyenangkan,  selain nuansa yang menyegarkan, outing class dengan cara kunjungan perusahaan yang ada relevansi dengan mata kuliah merupakan cara yang tepat untuk kita dapat meningkatkan pemahaman” pungkas ajeng salah satu mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Politeknik LP3I Jakarta merupakan pendidikan tinggi vokasi yang berkonsentrasi pada bisnis dan teknologi yang berorientasi pada dunia industri dimana setiap pembelajarannya harus mampu relevan dengan kebutuhan dunia industri. Dengan terbukanya PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam open diskusi kuliah manajemen SDM, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis keadaan dengan cara melihat case langsung dan diharapkan mahasiswa mampu mengkonversikan dengan mata kuliah yang ada sehingga dapatkan merelevansikan ilmu yang di dapat dengan praktis di lapangan.

pada kesempatan tersebut Bpk. Karya Kaban, S.T., M.M. selaku dosen pengampu mata kuliah MSDM menyampaikan “selain bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa pembelajaran real case,  agenda ini juga merupakan langkah mempererat hubungan baik antara Politeknik LP3I Jakarta dengan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan harapan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) bisa terus berkesinambungan lanjutan bukan hanya terbuka dalam sharing atau open discussion pembelajaran, melainkan dapat ke jenjang berikutnya misalkan open magang bahkan hingga perekrutan SDM dari Politeknik LP3I Jakarta”. (cw/ws)