Semangat Perkuat Kurikulum, Politeknik LP3I Jakarta Ikuti Workshop Project-Based Learning Bersama Dirjen Vokasi

Jakarta, 10 Mei 2023 –  Pembentukan SDM Unggul adalah salah satu visi yang hendak dicapai oleh Presiden Republik Indonesia. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi menyelenggarakan kegiatan Workshop Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL). Adapun kegiatan ini berlangsung di Politeknik Negeri Jakarta pada tanggal 8-10 Mei 2023 serta dihadiri oleh 30 politeknik (negeri dan swasta) dari seluruh Indonesia. Politeknik LP3I Jakarta tentunya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini dan mengikutsertakan Nasril, S.Kom, M.M (Ketua Program Studi Manajemen Informatika) dan Mujtabah Fatururrahman, S.Pd, M.M (Ketua Program Studi Administrasi Bisnis).

 

Sesi Pengarahan dari Narasumber

 

Kegiatan ini dipandu oleh lima orang narasumber handal, yakni Nunung Martina (Politeknik Negeri Jakarta), Ahmad Riyad Firdaus (Politeknik Negeri Batam), Surateno (Politeknik Negeri Jember), serta Pipit Anggraeni dan Darma Firmansyah Undayat (Politeknik Manufaktur Bandung). Selain memaparkan materi, kelima narasumber tersebut juga mengarahkan para peserta dalam sesi praktik pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pembelajaran Proyek (RPP), dan Rubrik Penilaian. Adapun ketiga hal tersebut merupakan komponen penting dalam PBL yang wajib dihadirkan oleh program studi. Sepanjang kegiatan, para peserta tampak antusias dalam menyimak materi dan melakukan praktik. Bahkan panitia juga memberikan hadiah bagi peserta yang menghasilkan komponen PBL sesuai arahan dalam workshop.

 

Selain memperoleh materi dan praktik yang bermanfaat, Politeknik LP3I Jakarta juga berkesempatan untuk memaparkan program PBL yang telah dijalankan. Adapun proyek yang telah dihasilkan adalah SPS2S Pro, yakni aplikasi sistem penjualan dan perhitungan stok produk yang ditujukan untuk klien UMKM. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi program studi Manajemen Informatika dan Administrasi Bisnis Internasional. Aplikasi tersebut adalah hasil karya mahasiswa dengan didampingi oleh dosen. 

Nasril S.Kom, M.M menyampaikan aplikasi SP2S Pro sebagai hasil Project-Based Learning

 

Workshop PBL yang telah diikuti oleh Politeknik LP3I Jakarta memang telah usai. Namun demikian akan dilanjutkan dengan sesi internal yang diikuti oleh Ketua Program Studi berikut para dosen. Hal ini penting untuk dilakukan agar metode PBL dapat diimplementasikan sepenuhnya oleh seluruh program studi yang bernaung di dalam Politeknik LP3I Jakarta. Selain membentuk SDM unggul, proyek yang dihasilkan melalui PBL juga merupakan wujud kontribusi mahasiswa dan dosen bagi masyarakat, khususnya dunia industri.