Program Studi
ADMINISTRASI BISNIS INTERNASIONAL

Program Studi Administrasi Bisnis Internasional (ABI) merupakan Program Studi dengan jenjang pendidikan Sarjana Terapan. Masa studi 8 semester atau setara empat tahun dengan Gelar S.Tr.A.B.I. Program Studi Sarjana Terapan ini memiliki syarat kelulusan dengan menempuh Mata Kuliah minimal 144 sks, menyelesaikan Kuliah Kerja Industri (KKI) dan laporan karya ilmiah yaitu Skripsi/Project, dan kemudian mendapatkan ijazah.

foto jurusan administrasi_ImgID1

Tentang Program Studi

Prodi Administrasi Bisnis Internasional Sarjana Terapan memiliki beberapa konsep pembelajaran yaitu Project Base Learning (PjBL), Studi Case, Hydbrid, Blended, Online dan Offline. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran  yang di desain untuk fleksibelitas dan adaptif pembelajaran dalam menghadapi dinamika perkembangan Teknologi kekinian.

Prodi ABI memiliki kurikulum dengan konsep Link & Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) yaitu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Dudi. Untuk meng-operasionalisasikan  kurilukum dengan konsep Link & Match, Prodi ABI membangun kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam  menyiapkan Dosen-dosen Praktisi dan tempat untuk melaksankan Kuliah Kerja Industri / Magang.

Lulusan prodi ABI paling tidak harus memiliki dua kompetensi yaitu kompetensi Hardskill dan Softskill. Dua kompetensi tersebut sangat relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Kompetensi tersebut diakomodir dalam Sertifikat Uji Kompetensi (Ujikom)  yang dilaksanakan oleh LSP LP3I dengan sertifikat standar dari BNSP. Adapun Skema Sertifikat Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi ABI yaitu:

  1. Ekspor
  2. Impor
  3. Marketing Digital
  4. Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE)
  5. TOEIC ITC
  6. Tenaga Operator Komputer (TOK)

Jenjang Pendidikan

Pendidikan Sarjana Terapan- Adalah jenjang pendidikan yang sering kali disamakan dengan program sarjana sehingga sering kali disebut sebagai sarjana terapan.

Masa tempuhnya pun juga sama dengan Sarjana atau S1, yaitu 4 tahun.

Perbedaannya, Sarjana Terapan ini memiliki fokus pada ilmu terapan dan syarat kelulusannya adalah menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan latihan kerja di industri atau laporan final project untuk mendapatkan ijazah Sarjana Terapan dan mendapatkan gelar S.Tr.ABI dan gelar profesi sebagai Tenaga Ahli

Potensi Karier

IMG_9243
Kalender Pendaftaran
TanggalKegiatanLokasi
1 Oktober 2022-31 Maret 2023Pendaftaran gel. 1 TA. 2022/2023Kampus yang bersangkutan
1 April 2023-30 Juni 2023Pendaftaran gel. 2 TA. 2022/2023Kampus yang bersangkutan
1 Juli 2023-30 September 2023Pendaftaran gel. 3 TA. 2022/2023Kampus yang bersangkutan